Pencegahan Karat Yang Mustahil Dipertahankan Dalam Waktu Lama – Rust Bullet

Pencegahan Karat Yang Mustahil Dipertahankan Dalam Waktu Lama 2- Rust Bullet
May 18, 2016
Fakta Terbesar Kerugian Korosi – Rust Bullet
May 18, 2016
Show all

Pencegahan Karat Yang Mustahil Dipertahankan Dalam Waktu Lama – Rust Bullet

rpm2

Mencegah kontak dengan oksigen dan air

Korosi besi memerlukan oksigen dan air. Bila salah satu tidak ada, maka peristiwa korosi tidak dapat terjadi.  Korosi dapat dicegah dengan melapisi besi dengan cat, oli, logam lain yang tahan korosi (logam yang lebih aktif seperti seg dan krom).  Penggunaan logam lain yang kurang aktif (timah dan tembaga) sebagai pelapis pada kaleng bertujuan agar kaleng cepat hancur di tanah. Timah atau tembaga bersifat mampercepat proses korosi.

Perlindungan katoda (pengorbanan anoda)

Besi yang dilapisi atau dihubugkan dengan logam lain yang lebih aktif akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katoda.  Di sini, besi berfungsi hanya sebagai tempat terjadinya reduksi oksigen. Logam lain berperan sebagai anoda, dan mengalami reaksi oksidasi.  Dalam hal ini besi, sebagai katoda, terlindungi oleh logam lain (sebagai anoda, dikorbankan).  Besi akan aman terlindungi selama logam pelindungnya masih ada / belum habis.  Untuk perlindungan katoda pada sistem jaringan pipa bawah tanah lazim digunakan logam magnesium, Mg.  Logam ini secara berkala harus dikontrol dan diganti.

Dua cara tersebut dinilai mustahil mencegah karat dalam waktu lama, karena secara alami logam tetap akan mengalami kontak dengan oksigen. Bila air bisa dicegah dengan berbagai cara, namun oksidasi oksigen akan tetap terjadi secara alami. Kemudian pencegahan karat dengan perlindungan katoda dinilai ribet dan membutuhkan biaya lebih besar karena memerlukan logam tambahan untuk melapisi logam utama yang tentu akan dalam waktu lama akan membuat karat logam utama yang dilindungi oleh logam lain tersebut.

Cara yang hemat, efektif, dan mudah, yaitu Rust Bullet. Anda tidak perlu memikirkan biaya, keahlian, dan bahan tambahan lainnya dalam pengaplikasiannya. Rust Bullet cukup oleskan saja karena mampu menembus ke pori-pori logam terdalam, tahan air, tahan oksidasi oksigen dalam waktu yang sangat panjang.

Comments are closed.