Perkembangan Ilmu Kimia Sepanjang Masa 1

Mengenal Reaktor Kimia Pada Industri Kimia
November 5, 2015
Perkembangan Ilmu Kimia Sepanjang Masa 2
November 12, 2015
Show all

Perkembangan Ilmu Kimia Sepanjang Masa 1

sejarah kimia 1

Sejarah ilmu kimia diperkirakan saat bangsa Mesir mengawali dengan the art of synthetic “wet” chemistry sekitar tahun 1000 SM, masyarakat purba telah menggunakan tekhnologi yang akan menjadi dasar terbentuknya berbagai macam cabang ilmu kimia. Ekstrasi logam dari bijih, membuat keramik dan kaca, fermentasi bir dan anggur, membuat pewarna untuk kosmetik dan lukisan, mengekstraksi bahan kimia dari tumbuhan untuk obat-obatan dan parfum, membuat keju, pewarna, pakaian, membuat paduan logam seperti perunggu.

Masyarakat purba tidak berusaha untuk memahami hakikat dan sifat materi yang digunakan serta perubahannya, sehingga pada zaman tersebut ilmu kimia belum lahir. Tetapi dengan percobaan dan catatan hasilnya merupakan sebuah langkah menuju ilmu pengetahuan.

Para ahli filsafat Yunani purba sudah mempunyai pemikiran bahwa materi tersusun dari partikel-partikel yang jauh lebih kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi yang dikenal atom. Namun konsep tersebut hanyalah pemikiran yang tidak ditunjang oleh eksperimen, sehingga belum disebut sebagai teori ilmiah ilmu kimia.

Comments are closed.