Kenali Karat Arus Liar – Rust Bullet

Sudah Mengenali Jenis Karat Pelarut Selektif? – Rust Bullet
February 18, 2016
Kenali Karat Celah – Rust Bullet
February 18, 2016
Show all

Kenali Karat Arus Liar – Rust Bullet

Rust-remover (LC151)

Karat arus liar ialah merasuknya arus searah secara liar tidak disengajapada suatu konstruksi baja, yang kemudian meninggalkannnya kembali menujusumber arus. Prinsip serangan karat arus liar ini adalah merasuknya arus searahsecara liar tidak disengaja pada suatu konstruksi baja, kemudianmeninggalkannnya kembali menuju sumber arus. Pada titik tersebut di mana arus meninggalkan konstruksi, akan terjadi serangan karat yang cukup serius sehingga dapat merusak konstruksi tersebut.

Terdapat dua jenis sel arus yang dipaksakan, yaitu :

1.Sel arus liar yang terjadi secara eksidentil.

Seperti arus liarpada kereta apilistrik, yang melaju disamping atau berdekatan dengan pipaair minum di dalam tanah yang terbuat dari baja bergalvanis atau bajaberlapis beton sebelah dalam dan berbalut (wrapped) sebelah luar. Karatakan terjadi pada daerah keluarnya arus luar yang berasal dari rel keretalistrik tersebut. Tempat dimana arus liar masuk ke dlaam pipa, menjadikatoda, sedangkan dimana arus liar meninggalkan pipa menjadi anoda dan berkarat. Karat akhirnya dapat melubangi pipa PDAM tersebut.

2.Sel arus paksa disengaja.

Seperti sel perlindungan katodik pada pipa bawahtanah. Arus berasal dari sumber arus listrik searah menuju elektroda danmelalui tanah arus mengalir dari elektroda ke pipa sehingga pipa menjadi katoda yang tidak berkarat. Selanjutnya arus kembali ke sumber (rectifier)

Karat seperti ini akan sangat sulit dibersihkan, namun dengan Rust Bullet yang sudah teruji dengan melakakukan penelitian, karat apapun akan mudah dibersihkan hingga karat pada pori-pori terdalam logam

Comments are closed.