Kenali Definisi Oksidasi Logam – Rust Bullet

Mengapa Logam Berkarat? Atasi Dengan Rust Bullet
March 11, 2016
Lucror Epoxy Coating Sangat Cocok Untuk Segala Aplikasi
March 15, 2016
Show all

Kenali Definisi Oksidasi Logam – Rust Bullet

Slide16

Proses oksidasi dapat terjadi pada kendaraan mobil atau motor atau mesin yang berbahan logam. Lapisan cat yang buruk dan tidak berkualitas akan mengalami kerusakan atau karatan yang disebabkan oleh cahaya matahari, air, dan udara. Sehingga lapisan cat tersebut menjadi buram dan akhirnya akan mengelupas. Untuk mengatasi hal itu yang sangat merugikan, gunakan Rust Bullet yang tahan dan teruji, karena Rust Bullet dibuat dari hasil penelitian yang panjang oleh NASA USA

Oksidasi juga merupakan proses pelepasan molekul, ion, atau atom yang mengandung elektron di udara. Selain terjadi pada besi yang berkarat, buah yang dikupas akan berubah warna dan akhirnya mengalami pembusukan, proses oksidasi juga terjadi pada minyak sayuran. Minyak sayur yang disimpan pada wadah yang terbuka, maka akan terjadi oksidasi pada minyak tersebut. Minyak yang mengalami proses oksidasi akan menghasilkan minyak yang berbau tengik warnanya pun akan berubah menjadi kecoklatan.

Oksidasi merupakan zat pengoksida zat lain. Reduksi merupakan kebalikan dari oksidasi yang meruapakan zat yang mereduksi zat lain. Oksidasi berarti mendapat oksigen, sedangkan reduksi adalah kehilangan oksigen. Reduksi dan oksidasi terjadi secara bersamaan. Sehingga reaksi seperti ini disebut reaksi redoks.Jadi dapat disimpulkan bahwa proses oksidasi merupakan proses yang terjadi ketika hilangnya satu elektron ketika dua zat atau lebih berinteraksi. Dalam kasus besi dapat berkarat karena proses oksidasi, begitu juga dengan tembaga yang dapat berubah menjadi kehijauan karena proses oksidasi. Namun, pada logam tidak dapat dilemahkan oleh oksidasi. Karena yang terjadi pada oksidasi yaitu munculnya permukaan karat yang akhirnya akan melemahkan struktur logam itu sendiri.

Comments are closed.