Manfaat Ilmu Kimia di Kehidupan Manusia

Cabang Ilmu Kimia Pada Perkembangannya
November 12, 2015
Lowongan Kerja “Sales Representative”
November 17, 2015
Show all

Manfaat Ilmu Kimia di Kehidupan Manusia

Slide6

  1. Bidang Biologi

Ilmu Kimia dalam bidang biologi mempelajari tentang makhluk hidup. Proses kimia yang berlangsung dalam makhluk hidup meliputi pencernaan makanan, pernapasan, metabolisme, fermentasi, fotosintesis, karbohidrat, protein, vitamin, enzim, lemak, asam nukleat dan lain sebagainya.

2.Bidang Pertanian

Kimia bidang pertanian untuk mengembalikan kesuburan tanah dilakukan penambahan pupuk. Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Pupuk dan pestisida adalah produk dari ilmu kimia. Ilmu Kimia dapat memahami bahan-bahan kimia yang terkandung dalam pupuk tersebut agar tidak membahayakan bagi ekosistem tanah.

3.Bidang Kosmologi

Kosmologi merupakan ilmu yang mempelajari asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Ilmu kimia memberikan gambaran tentang evolusi itu terjadi dengan mempelajari partikel-partikel yang menyusun alam semesta ini.

4.Bidang Hukum

Bidang hukum secara langsung tidak ada hubungannya, namun manfaat ilmu kimia dapat dirasakan ketika diberlakukannya pemeriksaan peralatan bukti kriminalitas. Bagian tubuh tersangka dapat diperiksa dengan memeriksa struktur DNA, karena struktur DNA setiap orang berbeda-beda, dan pemeriksaan ini melibatkan ilmu kimia.

5.Bidang Geologi

Bidang geologi berkaitan dengan penelitian batu-batuan, pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu mengklasifikasikan unsur-unsur yang ditemukan, memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau benda-benda alam.

Comments are closed.