Jenis Kimia Berbahaya Yang Beredar 1

Akibat Yang Ditimbulkan Karena Kimia Berbahaya
December 9, 2015
Jenis Kimia Berbahaya Yang Beredar 2
December 9, 2015
Show all

Jenis Kimia Berbahaya Yang Beredar 1

3

Banyak sekali di pasaran bahan kimia yang beredar baik yang aman ataupun yang berbahaya. Bila masyarakat minim sekali pemahaman dan pengetahuan tentang bahan kimia yang berbahaya akan berakibat fatal bagi kesehatannya bahkan kematian. Berikut ini bahan kimia yang berbahaya :

-AgNO3

Senyawa beracun dan korosif. Simpanlah dalam botol berwarna dan ruang yang gelap serta jauhkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar dan dari jangkauan anak-anak. AgNO3 dapat menyebabkan luka bakar dan kulit melepuh. Karena uapnya juga menebabkan hal yang sama.

-HCl

Cairan yang tidak berwarna atau kekuningan tergantung pada kemurniannya, bersifat korosif, mudah menguap. Mudah larut dalam air, alkohol dan eter. Uap HCl berbahaya terhadap sistem saluran pernapasan, sehingga harus menggunakan masker untuk perlindungan. HCI pekat bila mengenai kulit akan merusaknya dengan sempurna, sedang larutannya menyebabkan iritasi kulit

-H2S

Senyawa ini mudah terbakar dan beracun. Menghirup bahan ini dapat menyebabkan pingsan, gangguan pernafasan , bahkan kematian.

-H2SO4

Merupakan cairan menyerupai minyak, tidak berwarna, yang kadang –kadang berwarna coklat tergantung pada tingkat kemurnianya. Senyawa yang sangat korosif, higroskopis, bersifat membakar bahan organik dan dapat merusak jaringan tubuh bila sampai terkena, sehingga diharuskan menggunakan pelindung tubuh. Gunakan ruang asam untuk proses pengenceran dan hidupkan kipas penghisap atau heksos, uap dan kabut asam sulfat sangat beracun dan korosif terhadap kulit, mata dan saluran pernapasan. Jika asam pekat terkena kulit menyebabkan luka parah, jika kena mata walaupun sedikit akan merusak mata dan bahkan kebutaan

Comments are closed.