Apa itu Pelumas ?

KARAT MEMBUAT BAUT SUSAH DIBUKA…KESEL BANGET KHAN ???
January 22, 2016
Pengetahuan Cutting Fluid LUCROR
January 26, 2016
Show all

Apa itu Pelumas ?

Apa itu Pelumas ?

 

Pelumas adalah cairan atau padatan yang terbuat dari campuran base oil (bahan dasar pelumas) dan additive.
Base oil yang banyak digunakan umumnya berasal dari minyak bumi (dihasilkan dari proses destilasi minyak mentah di kilang).Sedangkan base oil yang tidak berasal dari minyak bumi dihasilkan dari proses rekasi kimia di pabrik atau dihasilkan dari minyak nabati, ini biasa nya disebut Pelumas Sintetik.

Pelumas yang menggunakan base oil dari minyak bumi, sering disebut dengan Pelumas Mineral.

Sedangkan pelumas sintetik adalah sebutan bagi pelumas yang base oil-nya bukan berasal dari minyak bumi tetapi dari campuran bahan kimia dan telah melewati beberapa kali proses penyempurnaan dan menggunakan rumus yang sangat maju serta canggih untuk hasil terbaik.

Ada juga Pelumas Organik yang menggunakan bahan-bahan nabati/tumbuh-tumbuhan.

Bahan-bahan yang dapat dibuat menjadi pelumas yaitu :

  1. Bahan yang berasal dari hewan

Seperti lemak binatang. Pelumas dari hewan ini diperkirakan pelumas yang paling tua umurnya.

  1. Bahan dari tumbuh-tumbuhan

Seperti minyak jarak, minyak sawit, dan minyak biji kapas.

  1. Bahan hasil tambang

Bahan yang lazim digunakan saat ini adalah fraksi pelumas yang berasal dari pengolahan minyak bumi bahan ini biasanya disebut minyak mineral dan banyak digunakan karena bahan bakunya murah dan mempunyai banyak kelebihan.

  1. Bahan sintetik

Bahan sintetik adalah bahan kimia yang bukan hasil langsung pengolahan minyak bumi. Bahan ini merupakan hasil rekayasa ahli kimia dan ahli pelumas didalam pembuatan minyak pelumas.
Additive Oil adalah zat tambahan yang digunakan untuk menambah perfomance dari base oil menjadi lebih baik dalam penggunaandi beberapa aplikasi.
Makin tinggi kualitas bahan additive maka harganya juga akan ikut tinggi.

PELUMAS sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Pelumas Cair ini berbentuk liquid dan sering kita menyebut nya dengan OLI
2. Pelumas Padat yang berbentuk semi liquid atau soap , istilah umumnya adalah ” grease atau Gemok/Gemuk dalam bahasa indonesia.

Fungsi PELUMAS
Adapun fungsi dari Pelumas sendiri ada beberapa :

  • Suatu zat yang berada atau disisipan antaradua permukaan yang bergerak/bergesekan untuk mengurangi gesekan antar dua permukaan tersebut.
  • Mengurangi Suhu / Temperatur
  • Mengurangi Korosi / Karat
  • Mengendalikan keausan
  • Mengisolasi Listrik
  • Meredam Kejutan
  • Membersihkan Kotoran/Kerak

Adapun untuk mengukur tingkat kekentalan oli maka digunakan “VISCOSITY GRADE”

Dimana dalam dunia industri dikenal dengan nama ISO VG (International Organization for Standardization Viscosity Grade)

Sedangkan di dunia automotive lebih dikenal dengan SAE (Society of Automotive Engineers).

Buat pengukuran Grease/Gemuk digunakan dengan sebutan “NLGI (National Lubricating Grease Institute)”

Grease sendiri berasal dari oli , yang menyebabkan grease menjadi padat dan kekentalan yang berbeda dari oli adalah karena adanya ” Thickener “ ini adalah zat pengental yang ditambahkan didalam oli.

Thickener ini sendiri bermacam-macam ada Lithium , Calcium , Aluminium Complex , Gel , Polyurea, Sodium. Yang gunanya untuk membuat grease menjadi tahan terhadap suhu dan keadaan lingkungan yang berdebu juga yang berair.

Kadang ada grease yang berwarna warni ataupun ada yang mengkilap, itu tidaklah menjadi acuan dari kemampuan grease melumasi aplikasi yang ada di mesin. Itu cuman warna dari pabrik atau dari vendor. Yang paling penting adalah melihat Base Oil dan Thickener dari grease itu.

Dijaman sekarang ini banyak produsen oli dan grease, kita harus lebih jeli dalam  memilih dan menggunakan oli dan grease yang cocok dengan aplikasi yang ada. Juga harus di perhatikan tanyakan pabrik nya dimana, technical data sheet, spesifikasi yang ada , dan apakah sudah terdaftar di deperindag. Jangan sampai kita memilih yang pabrik nya tidak jelas, kualitas nya sering menurun, spesifikasi nya tidak lengkap. Dalam hal ini kita berbicara mengenai pemakaian oli dan grease di industri-industri tapi tidak menutup kemungkinan buat automotive.

Yang mana didunia industri kerusakan terhadap mesin menjadi momok yang sangat-sangat sering terjadi, downtime mesin membuat produksi terhenti dan puluhan, jutaan hingga ratusan juta bisa menjadi kerugian buat Perusahaan itu sendiri.

SALAH SATU PRODUCT PELUMAS YANG BERKUALITAS YAITU LUCROR….

Comments are closed.