3 Cara Mengatasi Karat – Rust Bullet

Lucror Epoxy Coating Sangat Cocok Untuk Segala Aplikasi
March 15, 2016
Kerugian Korosi Retak – Rust Bullet
March 18, 2016
Show all

3 Cara Mengatasi Karat – Rust Bullet

rpm3

– Pengecatan dengan Rust Bullet

Rust Bullet adalah cat pelapis yang dapat diaplikasikan pada permukaan kering dan basah serta digunakan untuk segala jenis logam. Prinsip kerja Rust Bullet untuk mencegah karat adalah dengan melapisi logam dari pori-pori hingga ke permukaan dengan menempel secara sempurna. Hanya Rust Bullet cat pelapis yang dibuat dari penelitian dan pengujian oleh NASA USA.

– Mencegah kontak dengan oksigen dan/atau air

Korosi besi memerlukan oksigen dan air. Bila salah satu tidak ada, maka peristiwa korosi tidak dapat terjadi.  Korosi dicegah dengan melapisi besi dengan cat, oli, logam lain yang tahan korosi Penggunaan logam lain yang kurang aktif sebagai pelapis pada kaleng bertujuan agar kaleng cepat hancur di tanah. Timah atau tembaga bersifat mampercepat proses korosi.

– Perlindungan katoda (pengorbanan anoda)

Besi yang dilapisi dengan logam lain yang lebih aktif akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katoda.  Di sini, besi berfungsi hanya sebagai tempat terjadinya reduksi oksigen. Logam lain berperan sebagai anoda, dan mengalami reaksi oksidasi.  Dalam hal ini besi, sebagai katoda, terlindungi oleh logam lain (sebagai anoda, dikorbankan).  Besi akan aman terlindungi selama logam pelindungnya masih ada ataupun belum habis.  Untuk perlindungan katoda pada sistem jaringan pipa bawah tanah lazim digunakan logam magnesium, Mg.  Logam tersebut secara berkala harus dikontrol dan diganti.

Comments are closed.